Sabtu, 16 Februari 2013

Fakta-Fakta Tentang Bulu Tangkis

Hai hai, kali ini aku mau posting fakta-fakta tentang bulu tangkis yang wajib untuk diketahui. Check it out !



“Indonesia adalah Negara yang paling paling banyak menjuarai Thomas Cup. Yaitu sebanyak 13 kali, disusul China 8 kali, dan Malaysia 5 kali.”

“Perolehan piala Uber didominasi oleh China yang berhasil mempertahankan gelar sebanyak 11 kali, disusul Jepang 5 kali, Indonesia dan Amerika Serikat sebanyak 3 kali, dan Korea Selatan 1 kali.”

“Piala Sudirman yang pertama digelar di Istora Gelora Bung Karno , Jakarta pada 24-29 Mei 1989. Pada kejuaraan tersebut, Indonesia berhasil tampil sebagai juara dengan mengalahkan Korea Selatan dengan score 3-2. Itulah satu-satunya gelar Piala Sudirman yang pernah diraih Indonesia.”

“Nama Piala Sudirman berasal dari nama tokoh perbulutangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman, salah satu pendiri PBSI dan dikenal juga sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.”

“Piala Sudirman yang mempunyai tinggi 80 cm dirancang oleh Rusnadi dari Fakultas Seni Rupa ITB dan terdiri dari lima bagian. Tutup piala berbentuk Candi Borobudur yang merupakan salah satu monumen bersejarah yang terletak di Indonesia. Badan piala berbentuk kok (bola bulu tangkis) yang berlapiskan emas 22 karat dengan berat 600 gram.”

“Piala Sudirman tidak memperebutkan hadiah Uang . Para pemain bertarung hanya untuk membela nama negara dan memperoleh poin peringkat IBF.”

“Di Olimpiade Barcelona, Indonesia berhasil meraih dua medali emas lewat cabang olahraga bulutangkis. Inilah emas pertama yang diraih Indonesia di arena akbar olahraga tingkat dunia sejak gelaran pertama di Helsinski pada tahun 1948.”

“Rudy Hartono merebut gelar All England delapan kali, dengan tujuh kali berturut-turut pada tahun 1968 sampai 1976.”

“Pada bulan Juli 1934 dibentuk Federasi Bulutangkis Internasional (International Badminton Federation, IBF) dengan Inggris Raya (Inggris, Irlandia, Wales, dan Skotlandia), Denmark, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai negara pendiri.”

“Piala Thomas diambil dari nama ketua IBF pertama asal Inggris sekaligus Pemain Legendari Bulu Tangkis yang telah menjuarai All England sebanyak empat kali berturut-turut antara tahun 1903-1927 yaitu Sir George Alan Thomas dia juga sekaligus yg menjadi pelopor untuk diadakan Kompetisi Dunia di dalam Olahraga tepok bulu ini sama seperti halnya World Cup pada Olahraga Sepakbola”

“Piala Uber berasal dari nama Sang legendaris Bulutangkis dari Inggris di era 1930-an yaitu Betty Uber

“Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena 2004 dengan mengalahkan Seung mo Shon dari Korea Selatan di babak final.”

“Pada 21 Agustus 2005 , Taufik Hidayat menjadi juara dunia dengan mengalahkan permain peringkat 1 dunia, Lin dan di babak final, sehingga menjadi pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaran dunia Bulutangkis dan Olimpiade pada saat yang sama.”

“Taufik Hidayat berhasil menjuarai Indonesia Open sebanyak enam kali yaitu pada 1999, 2000, 2002, 2003, 2004, 2006”

“Rekor smash tercepat dipegang oleh Fu Haifeng asal China dengan kecepatan 335 kilometer perjam pada gelaran Piala Sudirman 2005”

“Rekor smash tercepat untuk tunggal putra menjadi milik Taufik Hidayat dengan kecepatan 305 km/h (189 mph)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar